Tambak Bisa Dijadikan Tempat Budidaya Rumput Laut

Friday, December 29, 2017 | 09:03

Bagikan:
Dok. Kepala Dinas Kelautan Perikanan Kaltara H.Amir Bakrie.


KORANDIGITALNET.COM - KALTARA - Budi daya rumput laut di Kalimantan Utara saat ini sangat maju, Terbukti dengan meningkatnya hasil panen para pembudidaya, Seperti di pantai Amal Kota Tarakan. Jumat (29/12/2017).

Tempat pembudidayaan rumput laut oleh masyarakat pada umumnya adalah laut, Dipantai Amal contohnya, Sekitar 2 km dari bibir pantai, Sudah dipenuhi  rumput laut, Lahan untuk budidaya pun sudah sangat terbatas.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Kalimantan Utara H.Amir Bakrie saat mendampingi kunjungan Gubernur Kalimantan Utara Dr.H.Irianto Lambrie ke Tanah Toraja, Kepada korandigitalnet com mengatakan, Bahwa, Budidaya rumput laut bisa juga dikembangkan atau dibudidayakan di dalam tambak, Apa lagi, Tambak yang ada dikaltara sangat luas, Dan ada sebagian yang tidak dikelola.

"Tambak bukan hanya udang atau ikan yang bisa kita budidaya, Rumput laut juga bisa, Ini saya lihat apa yang dilakukan oleh petani tambak di Palopo Sulawesi Selatan," Kata H.Amir.

Menurut H.Amir, Budidaya rumput laut di area pertambakan di Palopo sangat berhasil, Masyarakat bahkan bisa menghasilkan 2,5 ton rumput laut per hektar, Budidaya ini dinamakan grasilaria," Tutur Kadis DKP Kaltara ini.

Lebih lanjut H.Amir menjelaskan, Rumput laut yang dibudidaya didalam tambak (grasilaria)) harganya aga sedikit murah dari pada rumput laut cotoni, yang kebanyakan dibudidaya oleh masyarakat di Kaltara, Namun, grasilaria ini tidak perlu ada perawatan, Hanya, Sebelum bibit diturunkan, harus diberikan pupuk urea, Dalam 1 hektarnya membutuhkan sekitar 100 kilogram pupuk urea," Jelasnya.

"Rumput laut grasilaria ini bisa bersamaan dengan udang atau ikan, Bahkan bisa berfungsi sebagai makanan ikan, Guna merangsang para petambak Di Kaltara, DKP akan berencana mengadakan bibit rumput laut grasilaria dan dibagikan kepada para petani tambak, Kami akan mencoba menganggarkan di APBD-P 2018, Namun kalau memungkinkan, Pada APBD murni akan kita lakukan," Harap H.Amir. ( AS )
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM