Pemprov Optimis Maturitas SPIP 2018 Mencapai Level III

Wednesday, December 20, 2017 | 23:58

Bagikan:
Dok. Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie

KORANDIGITALNET.COM - TANJUNG SELOR - Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Provinsi Kalimantan Utara, Sudah mencapai level III, Hal ini tersebut sesuai apa yang ditargetkan Pemprov Kaltara pada tahun 2018 mendatang.(20/12/2017).

Gubernur Kalimantan Utara Dr H Irianto Lambrie menjelaskan, Ada kenaikan satu level dari tahun 2017, Berdasarkan informasi BPKP ( Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan ) Pemprov Kaltara yang meraih baseline 2,0190 dengan realisasi level SPIP II, Atau melampaui target yang dicanangkan level I, " Terangnya.

Lebih lanjut Irianto mengatakan, Capaian tingkat maturitas SPIP Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara ini masih belum maksimal, Karena adanya 4 sub penilaian maturitas SPIP yang nilainya nol, " Jelas Gubernur Provinsi termuda ini.

Sub unsur penegakan integritas dan nilai etika, Komitmen terhadap kompetensi, Indentifikasi resiko dan analisis resiko, Dari 5 unsur dan 25 sub unsur penilaian capaian maturitas SPIP, Pemprov belum memenuhi 4 sub unsur diantaranya.

Baseline 2,0190 dan level II maturitas SPIP tersebut, Kalimantan Utara dinilai BPKP memiliki tingkat maturitas SPIP berkembang, Pemprov optimis Target tingkat maturitas SPIP tahun 2018 mencapai level III.

" Berkaitan dengan upaya pencapaian pengelolaan keuangan negara yang baik dan akuntabel, Secara tidak langsung saya mengharapkan Kalimantan Utara mampu mempertahankan capaian Opini Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun depan, " Terang Irianto.

Gubernur Kaltara ini juga berharap, Kaltara berhasil meraih opini WTP 5 kali berturut-turut, Maka akan memberikan kejutan bagi Pemerintah Indonesia, juga Kaltara sendiri, Karena, Sejauh ini, Sudah 3 kali mencapai opini WTP, Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan, " Tegas Irianto. (Babe/AS).
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM