Padaw Tuju Dulung Sebagai Puncak Iraw Tengkayu Ke-9

Sabtu, 09 Desember 2017 | 10:59

Bagikan:
Dok. Diskominfo kota Tarakan

KORANDIGITALNET.COM - TARAKAN - Kota Tarakan dulunya terkenal dengan penghasil migas dijaman penjajahan, seiring berjalannya waktu, Tarakan terus berkembang dan maju termasuk dalam hal pengembangan budaya daerah.

Kota Tarakan provinsi Kalimantan Utara mempunyai budaya lokal yang sangat menarik, Yaitu Iraw Tengkayu, Dimana pada acara ini akan ditampilkan berbagai macam ragam budaya dikota Paguntaka termasuk Kaltara.

Walikota Tarakan Ir Sofian Raga yang diwawancarai oleh korandigitalnet menjelaskan bahwa, Tarakan akan kembali meriah melalui acara Festival Budaya Iraw Tengkayu ke-9 2017 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dan Pemerintah Kota Tarakan. Festival Budaya Iraw Tengkayu telah diselenggarakan oleh pemerintah daerah sejak tahun 2001. Festival ini diadakan dua tahun sekali sebagai bagian dari peringatan Kota Tarakan," Kata Sofian Raga.

Festival akan dilaksanakan pada tanggal 15 Desember ini sekaligus memperingati hari ulang tahun Kota  Tarakan ke-20, Puncak Iraw sendiri diawali dengan pelepasan padaw tuju dulung, Padaw tuju dulung adalah sebuah perahu dengan tujuh haluan menuju lautan lepas.

"Festival budaya Iraw Tengkayu telah menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun lokal, Iraw Tengkayu telah menerima penghargaan sebagai obyek wisata budaya paling populer, penghargaan Anugerah Pesona Indonesia ( API ) tersebut dianugerahkan pada tahun 2016 lalu," Tutur Sofian Raga.

Walikota Tarakan ini juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk ikut mensukseskan acara Iraw Tengkayu ini, " Mudah-mudahan dengan penyelenggaraan festival ini kota Tarakan akan lebih maju dan jaya," harap Sofian Raga. (a.solar)
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM