Pemprov Memberikan Bantuan 3 Miliar Untuk Petani Kaltara

Thursday, November 16, 2017 | 15:38

Bagikan:


KORANDIGITALNET.COM - KALTARA - Sebagai salah satu upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam mewujudkan Kaltara sebagai daerah swasembada pangan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara menyalurkan bantuan kepada para petani, berupa alat pertanian, bibit dan pupuk.

Untuk pemberian bantuan bibit dan pupuk ini, Pemprov Kaltara melalui APBD 2017 mengalokasikan anggaran sebesar kurang lebih Rp 274.000.000. 

Menurut Gubernur Kalimantan Utara Dr Ir H Irianto Lambrie bahwa, "Bantuan ini, juga sebagai upaya kita untuk menjadikan Kalimantan Utara menjadi daerah yang memiliki ketahanan pangan yang kuat, sekaligus untuk mensejahterakan masyarakat, utamanya para petani," Urainya. 

Bantuan yang diberikan memang belum bisa mengakomodir secara keseluruhan petani yang ada di Kaltara, Namun secara bertahap, bantuan terus digulirkan. Dengan harapan para petani di Kaltara secara merata bisa mendapatkannya.

"Berdasar laporan dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, bantuan bibit dan pupuk ini disalurkan melalui kelompok-kelompok tani yang ada di beberapa kabupaten di Kaltara, Dengan rincian, berupa 1.8 ton benih padi dan 15 ton pupuk. Selain itu juga ada bantuan 15 unit alat pertanian, berupa cultivator atau hand traktor mini,"Jelas Irianto. 

Bantuan cultivator telah dibagikan kepada kelompok tani di kabupaten/kota yang ada di Kaltara, Sedangkan untuk bantuan bibit dan pupuk, tahun ini sementara hanya diberikan kepada kelompok tani di Kabupaten Bulungan, Malinau dan Nunukan.

Program lainnya, melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Pemprov Kaltara juga memberikan bantuan untuk pengembangan tanaman hortikultura, Baik dari APBD Provinsi maupun dari pusat (APBN) yang disalurkan lewat Pemprov Kalimantan Utara.

Bantuan yang diberikan tersebut, di antaranya umtuk pembinaan petani lada, serta pengenbangan budidaya tanaman bawang merah dan cabai.

Bantuan tersebut,  sebagai upaya mengembangkan potensi bidang pertanian di Kaltara, yang selama ini belum dibudidayakan secara maksimal, Salah satunya fokus pada pengembangan tanaman bawang merah di Nunukan. 

"Alhamdulillah, pendanaannya didukung oleh pusat melalui APBN yang nilainya lebih dari Rp 3 miliar. Meliputi bantuan bibit, pupuk, dan sarana pendukung lainnya, Tak hanya tanaman pangan, Pemprov Kaltara juga memberikan bantuan ternak kepada para petani. Sebanyak 153 ekor sapi akan diperbantukan kepada masyarakat di Nunukan, Bulungan dan Tarakan," Kata Gubernur Kaltara ini. (Babe/Ansor)

Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM