Kopi Jahe Bulungan Akan Menjadi Kopi Khas Kaltara

Selasa, 03 Oktober 2017 | 13:20

Bagikan:


 Dok.Ketua PENA Kaltara Agustian Arsyad


KORANDIGITALNET.COM - TANJUNG SELOR - Dalam rangka memperingati Hari Kopi Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Oktober 2017, Pena Biru (Wartawan Peduli Pariwisata) dan APWI (Asosiasi Pemandu Wisata Kaltara) Kalimantan Utara, menggelar event 'Kayan Night Coffee' (Ngopi Bareng Gratis).

Ketua Pena Biru Kaltara Agustian Arsyad mengungkapkan, kegiatan tersebut mengambil tempat di Tepian Sungai Kayan Tanjung Selor yang juga merupakan salah satu Ikon taman wisata Bulungan.

Kayan Night Coffee digelar mulai pkl : 19.00 wita dengan menyiapkan sebanyak lima ribu gelas untuk masyarakat Tanjung Selor. Menurutnya, event ini yang pertama kali di gelar di Kaltara dengan menonjolkan kopi Aci Malinau dan Kopi Janjibar (Kopi Jahe Bulungan) untuk bisa menjadi minuman khas kopi Kaltara sebagai salah satu kopi terbaik di Kaltara yang memiliki cita rasa yang khas.

"Kopi Aci Malinau dan kopi Jahe Bulungan sangat khas dan memiliki cita rasa tersendiri dan sangat berbeda dengan kopi lainnya di Indonesia, seperti kopi Toraja, kopi Medan, kopi Aceh, kopi Jambi dll", ujarnya.

Dikatakan, melalui ngopi bareng gratis ini kopi Aci Malinau dan kopi Jahe Bulungan bisa menjadi ikon minuman khas Kaltara dan Kayan Night Coffe bisa menjadi event wisata nasional yang digelar setiap tahun nya.

"Peminat kopi di Tanjung Selor dan masyarakat Kaltara khususnya sangat tinggi, terbukti hampir setiap sore dan malam warkop-warkop itu selalu dipenuhi oleh penggila kopi hingga larut malam", tutur Agustian, yang juga Kasi Analisis Pasar, Strategi dan Komunikasi Dinas Pariwisata Provinsi Kaltara.

 Lebih jauh ia menjelaskan, popularitas kopi Indonesia saat ini termasuk yang sangat tinggi peminatnya dibandingkan dengan kopi dari negara lain. Ini menandakan bahwa kopi Indonesia memiliki karakteristik dan cita rasa yang khas, sama halnya dengan kopi Aci Malinau dan kopi Jahe Bulungan yang sangat terasa keasliannya.

"Siapapun pasti mengakui keunggulan cita rasa kopi nusantara sulit untuk ditandingi dan melalui event Kayan Night Coffe kopi Aci bisa sejajar dengan kopi Gayo dari Aceh, kopi Mandailing dari Sumut, kopi Kintamani dari Bali dan lainnya", pungkas Agustian.

Selain menggelar ngopi bareng gratis, pihaknya juga memberikan sajian hiburan kepada masyarakat sambil menikmati secangkir kopi dengan menikmati pemandangan gemerlapnya lampu diseberang sungai Tanjung Palas dan hembusan angin Sungai Kayan dimalam hari semakin menambah indahnya suasana malam Kota Tanjung Selor.

"Dengan dukungan dan partisipasi Dinas Pariwisata Prov Kaltara, kita berharap kedepannya kegiatan ini lebih semarak lagi dan bisa menjadi Ikon wisata kuliner Kaltara dimasa depan sehingga wisatawan nusantara dan mancanegara bisa hadir di tepian Sei Kayan menikmati kopi khas Kaltara". Ujar Agustian yang juga Sekretaris FKPT Kaltara. ( Agus / Ansor ).
Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia

Rahmat Efendi Caleg No Urut 3 Partai Solidaritas Indonesia
Jangan Lupa Coblos No Urut 3 Dapil Tarakan Barat dari Partai Solidaritas Indonesia