SDM Guide Penting Dalam Hal Memasarkan Potensi Pariwisata Kaltara

Monday, September 25, 2017 | 17:44

Bagikan:






KORANDIGITALNET.COM – Tanjung Selor - Dinas Pariwisata Dan Budaya (Disparbud) Provinsi Kalimantan Utara, terus berbenah dan berupaya menjual potensi wisata yang ada, termasuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) yang berkaitan dengan pariwisata tersebut.

Bentuk keseriusan Dinas Pariwisata dan Budaya Kaltara dalam hal memajukan dan menciptakan Guide yang handal adalah dengan melaksanakan bimbingan teknis pemandu wisata tahun 2107 di Hotel Kaltara Tanjung Selor, Senin (25/09).

Gubernur Kalimantan Utara Dr Ir H Irianto Lambrie dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kabid Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Kalimantan Utara Saiful Bahri mengucapkan, “ Selamat datang kepada peserta bimbingan teknis yang sebelumnya telah melalui tahap seleksi di masing-masing pariwisata kabupaten/kota, semoga para peserta dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik secara maksimal untuk turut membangun  Provinsi Kalimantan Utara yang kita cintai ini,” urainya.

Penyelenggaraan Bimtek Pemandu Wisata ( Tour Guide ) menjadi penting terutama dalam rangka meningkatkan mutu layanan pariwisata suatu daerah apalagi Provinsi Kalimantan Utara sebagai Provinsi termuda di Indonesia yang sedang gencar-gencarnya melakukan percepatan pembangunan disegala bidang.

“Saya berharap, dengan dilaksanakannya pelatihan Tour Guide ini dapat melahirkan pramuwisata yang andal dan professional seperti yang ada kita harapkan, olehnya itu pramuwisata kaltara bisa sejajar dengan pramuwisata di daerah lain yang sudah tergolong maju dan mendunia,” pesan Irianto.

Sementara itu, kepala Seksi  Analisis pasar,Strategi dan Komunikasi Dinas Pariwisata dan Budaya Kaltara Agustian Arsyad, yang memdampingi Kepala Dinas Pariwisata Dan Budaya Provinsi Kalimantan Utara, H Achmad Haerani, menyebutkan bahwa, untuk meningkatkan SDM dibidang Pariwisata itu, salah satunya melalui berbagai pelatihan, sebagaimana yang dilaksanakan pada hari ini, dimana diikuti oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kota se Kaltara, Pelaku Usaha Jasa Angkutan Darat Laut dan Sungai serta para Wartawan dari berbagai media cetak, elektronik dan online, kita berharap melalui bimbingan teknis pemandu wisata yang kita laksanakan hari ini bisa memberi arti positif kepada potensi wisata yang ada di Kalimantan Utara, ” kata Agustian Arsyad.

Dalam hal mensuport kegiatan maupun pembenahan potensi wisata alam maupun wisata budaya, Gubernur Provinsi Kalimantan Utara, Dr H Irianto Lambrie sangat mendukung penuh. Dukungan itu tidak hanya ditingkat lokal maupun nasional, ditingkat internasional pun Provinsi Kalimantan Utara sering tampil untuk memperkenalkan potensi wistata dan budaya yang ada diprovinsi ke 34 di Indonesia itu.

Untuk peserta bimbingan teknis pemandu wisata (Tour Guide) kata agus sekitar 50 orang. Dimana nantinya keberadaab mereka disetiap daerah dapat menjelaskan berbagai potensi yang ada kepada para wisatawan, baik wisatawan mancanegara maupun wisatawan domestik. ( Andi Solar )


Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM