Lantamal Amankan Speed Boat Bermuatan Kepiting Bertelur

Friday, August 11, 2017 | 16:23

Bagikan:




KORANDIGITALNET.COM – TARAKAN – Team EFQR Lantamal XIII Tarakan berhasil mengamankan 2 buah speed boat dengan menggunakan 2 unit mesin 200 PK diperairan Tarakan bermuatan kepiting bertelur tujuan Tawau Malaysia pada hari Rabu tanggal 9/8/2017.

Tim EFQR Lantamal XIII (Kal Bunyu) menemukan 2 buah mesin speed boat sedang mengapung di bui hijau perairan Sadau - Tarakan, setelah didekati dan dilaksanakan identifikasi terhadap speed boat tersebut sedang melaksanakan transfer kotak warna putih yang berasal dari speed boat warna biru ke speed boat warna putih.

Setelah dilaksanakan pendekatan ke 2 speed boat tersebut, speed boat warna putih memisahkan diri dan melaju dengan kecepatan tinggi kearah Ligau, Pada pukul 22.30 Wita TIM EFQR melaksanakan pemeriksaan terhadap speed boat warna biru yang sedang mengapung, dari hasil pemeriksaan didapatkan 1 buah speed boat warna biru dengan 1 mesin 200 PK tanpa dilengkapi dokumen dan muatan kepiting betina/bertelur sebanyak 30 koli seberat 900 Kg yg ditinggalkan oleh motorisnya.

Selanjutnya pada pukul 23.15 wita diperoleh informasi bahwa ada speed boat yang akan memuat kepiting betina/bertelur didekat sungai jembatan bongkok daerah pelabuhan perikanan Tarakan, TIM EFQR (Patkamla Sebatik) menuju sasaran yang dimaksud, pukul 23.20 Wita  terlihat speed boat warna putih lis biru tua dengan 2 buah mesin 200 PK yang mencurigakan dengan berkecepatan tinggi,

Kemudian TIM EFQR  melaksanakan pengejaran terhadap speed boat tersebut, setengah jam kemudian diperairan depan pelabuhan perikanan Tarakan TIM EFQR  telah berhasil menangkapnya, setelah  dilaksanakan pemeriksaan dan penggeledahan terdapat muatan kepiting betina/bertelur sebanyak 23 koli seberat 690 Kg dan tanpa dilengkapi dokumen dan rencana kepiting tersebut akan dikirim ke Sungai Nyamuk.

Dalam penangkapan tersebut Tim EFQR mengamankan Speed Boat pertama nama pemilik Nasir,motoris Darsono,ABK Ridwan dan 23 koli peti gabus berisi kepiting bertelur, speed kedua yang bermesin 200 PK bermuatan 30 koli.

“Menurut pengakuan Darsono motoris speed boat, kepiting bertelur tersebut rencananya akan dijual ke Tawau melalui Sebatik, penerima kepiting bertelur ini bernama Datu Rasman warga Negara Malaysia,” kata Darsono.

Barang bukti berupa speed boat, ABK dan muatannya dibawa ke dermaga Satkamla Lantamal XIII untuk pemeriksaan lebih lanjut. ( Asmuni / Conggeng )





Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM