Dr.H.Irianto Lambrie Diminta Jadi Narasumber Mewakili 13 Gubernur Daerah Perbatasan

Wednesday, July 12, 2017 | 19:22

Bagikan:
 
 
KORANDIGITALNET.COM- JAKARTA-Gubernur Kalimantan Utara Dr.Ir.H.Irianto Lambrie ,Panglima TNI Bapak Jenderal Gatot Nurmantyo dan Asisten Operasi Mabes Polri, dengan dimoderatori oleh Menteri Dalam Negeri Bapak Tjahjo Kumolo, Rabu (12/07/2017) siang tadi, Irianto diminta menjadi salah satu narasumber dalam acara Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Pengelolaan  Perbatasan Negara di Hotel Arya Duta Jakarta.

Irianto lambrie yang menjadi narasumber langsung disampaikan oleh Mendagri secara spontan sebagai perwakilan dari para kepala daerah (Gubernur dan Bupati) untuk menanggapi paparan yang disampaikan Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementarian Pertanian, kementerian terkait lainnya, serta evaluasi yang disampaikan Mendagri selaku Kepala Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP).

Dalam kesempatan itu, saya mewakili 13 Gubernur di wilayah perbatasan se Indonesia untuk menyampaikan evaluasi pembangunan. Khususnya mengenai pengelolaan Perbatasan Negara pada Tahun 2017 ini," kata Irianto

Beberapa hal disampaikan dalam rakor yang sebelumnya dibuka oleh Bapak Wakil Presiden Jusuf Kalla itu. Di antaranya, mengenai perlunya melakukan direvisi adanya Border Trade Agreement (BTA) dan Border Cross Agreement (BCA) dengan negara tetangga yang telah ada, sebab perjanjian tersebut sudah tidak relevan lagi dengan kondisi sekarang. Karena itu, dibutuhkan diplomasi yang lebih intensif dari pihak pemerintah Indonesia," tegas Irianto.
 
Irianto mengusulkan agar dibuat payung hukum yang melindungi para pemangku kebijakan untuk melakukan proses percepatan pembangunan di wilayah perbatasan. Misalnya, mengenai Subsidi Ongkos Angkut (SOA) barang dan jasa yang perlu dilakukan dengan sistem tahun jamak (multiyears)," urainya.

Hal lainnya disampaikan mengenai penyelasian batas laut dengan negara tetangga, serta tentang rencana pergeseran pasukan TNI ke wilayah perbatasan yang patut diapresiasi. Dan Kaltara menjadi daerah perbatasan yang paling siap," ( Babe/Conggeng )


Bagikan:
KOMENTAR

TERKINI

SUARAKALTARA.COM

KOMANDOKALTARA.COM